Pengalaman Urus Paspor (Passport) Rusak Karena Banjir di Kantor Imigrasi Bekasi


    Halo, mau cerita sedikit, soal pengalaman gue waktu ngurus passport rusak karena banjir di Kantor Imigrasi Bekasi. Jadi awalnya tuh tahun 2020 awal rumah gue di Bekasi kena banjir parah, semua berkas kena termasuk passport. Trus awalnya karena gue KTP Jakarta, gue coba tanya-tanya ke Kantor Imigrasi Cipinang tuh, eh taunya disuruh bayar kalo ga salah ya 800rb, gue lupa itu udah termasuk passport baru atau itu biaya tambahannya aja. Intinya gue gajadi deh ngurus, apalagi tiba-tiba pandemi kan, yaudalah skip.

    Trus akhirnya tahun 2022 tepatnya bulan lalu, gue dan keluarga mutusin buat ngurus, karena sekarang udah mulai bisa lagi kan keluar negeri. Akhirnya keluarga gue mutusin buat ngurus di Kantor Imigrasi Bekasi. Pertamanya daftar online dulu buat dapet nomor antrian, tapi keknya sih ya dateng langsung juga bisa. Pas sampe hari H di kantor imigrasi awalnya nanya-nanya dulu, jadi yang perlu disiapin itu, keterangan dari kelurahan kalo rumah kita kebanjiran, terus surat permohonan yang isinya bener paspor kita rusak karena banjir dan harus diganti, trus paspor lama, KTP, sama KK, siapin juga asli fotokopi nya. Oia jangan lupa siapin materai ya buat surat permohonannya. Tapi sebenernya ga siapin juga gapapa sih, soalnya didalem gedung imigrasi Bekasi ini ada gerai Pos Indonesia nya, jadi untuk pembelian materai bisa langsung di gerai tersebut.

    Lanjut kalo udah siapin berkas tinggal dateng ke kantor imigrasi dan langsung aja minta diarahin sama satpamnya buat bikin berita acara untuk ngurus paspor rusak karena bencana. Nah ini ngurusnya di lantai 4. Abis tu tinggal ke lantai 4 dan kasih semua berkas yang disebutin tadi. Setelah itu kita tinggal pulang dan nunggu berita acara itu jadi dalam 3-5 hari kerja. Cuman kemaren tuh keluarga gue cepet banget keknya cuma 2 atau 3 hari gitu udah bisa diambil.

    Nah, setelah berita acaranya jadi, kita tinggal dateng lagi dan langsung ke lantai 4 buat ambil berita acara kita. Setelah itu kita bakal dikasih berkas buat bikin passport baru dan kita langsung diarahin ke lantai 1 untuk wawancara. Waktu mimin ngurus paspor ini kebetulan imigrasi lagi ga terlalu rame, jadinya cepet banget prosesnya dan kata keluarga mimin pun walaupun pas mereka lagi agak rame, prosesnya tetep cepet, jempol deh pokoknya buat imigrasi Bekasi. 

    Di lantai 1, setelah ngasih berkas ke abangnya, kita bakal dapat nomor antrian. Tunggu dipanggil dan kita bakal di wawancara kayak ini kebanjiran, suratnya mana, trus mau pergi kemana rencananya, trus tujuan perginya untuk apa? Pokoknya jawab aja sejujurnya, kalo udah selesai nanti disuruh scan sidik jari, trus disuruh duduk tegak, di foto deh. Nanti tinggal tunggu passpornya jadi minggu depannya, bisa diwakilin sama orang lain bawa surat kuasa, kalau sama keluarga tinggal bawa KK aja sama KTP pembawa. 

    Oia, setelah kita foto itu, nanti dikasih slip buat pembayarannya, nah kita bayar deh di gerai pos indonesia yang ada di gedung itu juga. Kalau ga salah bayarnya 350rb, udah deh. Abis ini tinggal berangkat ke luar negeri.


Alamat Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi: Jl. Perjuangan No.100, RT.002/RW.001, Tlk. Pucung, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17121 (deket sama Summarecon Bekasi, dibelakangnya)

Sumber: https://antotehe.com/imigrasi-bekasi-ini-alamat-kantor-barunya-di-teluk-pucung/
Ini foto kantor imigrasinya, masuknya dari samping kanan ya, deket mushola. 





Komentar

Postingan Populer